Kamis, 10 Desember 2009

Pembinaan Angkatan Etoser 2009


Pembinaan angkatan 2009 yang dilaksanakan 2 minggu sekali, kemarin dilaksanakan di taman Kehutanan UGM, Minggu 6 Desember 2009 jam 08.00-10.30 dengan pembicara Qodarudin Hidayat. Beliau merupakan aktivis kampus, Presiden BEM KM UGM 2008-2009.


Itulah foto-foto narsis etoser 2009 usai pembinaan.

Sedangkan materi pembinaannya adalah sebagai berikut:
Tema kali ini adalah 'Dinamika Pergerakan Maahasiswa di Indonesia.
Menurut Qodarudin Hidayat, pergerakan mahasiswa di Indonesia ini masih sangat diperlukan guna mewujudkan tujuan negara yang tertuang dalam pembukaan UUD'45 yaitu:

1. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
2. memajukan kesejahteraan umum
3. mencerdaskan kehidupan bangsa
4. ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Mahasiswa adalah agent of change, penggerak perubahan. Kenapa harus mahasiswa? Karena mahasiswa merupakan bangsawan intelektual yang selalu antusias dalam mempertahankan idealisme.

Menjadi mahasiswa itu harus gemar membaca biar nggak kuper. Dengan membaca kita dapat mengetaahui berbagai macam berita yang ada di sana maupun yang ada di sini. Wawasan kita bisa luas. Yang kita tahu tidak hanya tentang itu-itu melulu. Jadi saat diajak orang ngobrol, masalah apapun bisa nyambung, nggak malu-maluin.

Dengan rajin membaca maka akan dapat menimbulkan jiwa kekritisan kita. Kita bisa tahu mana yang baik dan mana yang buruk. Kita bisa tahu tentang perkembangan jaman.

Pergerakan mahasiswa itu sangat penting untuk Indonesia. Jika mahasiswanya saja malas membaca dan tak tahu menahu dengan apa yang sedang terjadi dalam pemerintahan, maka siapa yang akan mngkritisi pemerintah apabila terjadi penyelewengan? Masyarakat? Masyarakat yang mana? Kita mahasiswa sebagai bangsawan intelektual yang telah diberi kesempatan oleh Allah mengeyam bangku pendidikan lebih tinggi, berkewajiban untuk menyalurkan aspirasi masyarakat yang tertindas.

Semangat menggebu mahasiswa untuk menuntut keadilan dan kebenaran harus terus berlanjut sebagai penyeimbang jalannya roda pemerintahan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar